Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 04 Agustus 2013

Contoh Makalah Negara Maju Dan Negara Berkembang

KATA PENGANTAR
            Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT kerna berkat rahmat dan karuniaNya kami dapat menulis makalah ini, bagi yang membaca kami mohon maaf jika ada kekurangan dalam makalah ini. Kiranya dapat memberi saran dan kritik untuk kesempurnaan makalah ini. Semoga bermamfaat bagi kita semua.
Akhirkata kami ucapkan banyak terima kasih.


Penulis












DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………...……. ..i
DAFTAR ISI………………………………………………………………..………...ii
BAB I. LATAR BELAKANG………………………………………….……………1
A.      Negara berkembang dan Negara maju …..……..................................…..........….2
BAB IV PEMBAHASAN.………..………...………………………………................................…..………….9
A        Negara maju……………………….…………...……………....................................…………..9
B        Negara berkembang………………………………………….................................…..…...10
BAB V PENUTUP ...………..…………………………................................………………..…………….…..…16
Kesimpulan  …………..….….…………...............................………………………………….…..…16
















BAB.1
LATAR BELAKANG

Pembelajaran ips terpadu merupakan peramuan pembelajaran ilmu – ilmu social yang tergabung dalam satu mata pembelajaran umum yakni ips terpadu yg terdiri atas didiplin ilmu social yaitu sosiologi, geografi, sejarah, dan antropologi
Tujuan di adakanya pembelajaran ini untik pengetahua umum ats ilmu  social secara menyeluruh,


























A.    Negara  Maju dan Negar Berkembang

1.      Negara maju
Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata.
Negara–Negara yang termasuk ke dalam Negara sebagian besar menempati kawasan benua eropa, amerika dan Australia. selanjutnya beberapa  Negara – Negara membentuk sekelompok Negara yang di sebut kelompk Negara G-8, yaitu terderi dari Negara amerika serikat, ingris, jepang, kanada, belanda ,jerman, dan rusia.uk selanjutnya kita akan mempelajari Negara –negara maju melalui kondisi fisik (social, ekonomu, budaya)
Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global
1.      Amerika serikat

A.    Keadaan umum
Amerika Serikat (bahasa Inggris: United States of America - USA atau United States - U.S.) adalah sebuah republik federal yang terdiri dari 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Kecuali Alaska (utara Kanada) & Hawaii (lautan Pasifik), 48 negara bagian lainnya serta distrik federalnya terletak di Amerika Utara.

B.     Keadaan alam
a)      Letak dan batas wilayah
1.      Letak astronomi : 
240 33’LU – 700 23’ LU dan 1720 BT – 660 BB
2.      Batas wilayah :
Amerika Serikat berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan, dan dengan Kanada di sebelah utara dan barat laut (eksklave Alaska). Di sebelah barat negara ini berbatasan dengan Samudra Pasifik dan di sebelah timur dengan Samudra Atlantik.
C.     Keadaan penduduk
Penduduk amerika serikat berjumlah  + 293.027.570 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk 32 jiwa /km2 , penduduk amerika serikat terdiri dari pendudkuk berkulit putih (+85%),orang kulit hitam (+12,1%) Dan kelompok etnis lain (+2,9%)

D.    Perekononian
Ekonomi AS ialah salah satu yang terpenting di dunia. Banyak negara telah menjadikan dolar AS sebagai tolok ukur mata uangnya, artinya berharga atau tidaknya mata uang mereka ditentukan oleh dolar. Sejumlah negara menggunakan dolar sebagai mata uangnya. Bursa saham AS dipandang sebagai indikator ekonomi dunia.

E.     Kebudayaan
Perkembangan Budaya Amerika Serikatsejarah, hari-hari libur, olah raga, agama, kuliner, musik, tari, dan seni rupa — banyak dipengaruhi oleh budaya eropa, khususnya inggris, serta budaya indian sebagai masyarakat asli.

F.      Pemerintahan
Pemerintahan amerika serikat menganut system federal y aitu  Federal adalah kata sifat (adjektif) dari kata Federasi. Biasanya kata ini merujuk pada pemerintahan pusat atau pemerintahan pada tingkat nasional, kepala negaraa di pimpin presiden.


2        Jepang

A.    Keadaan umum    
Jepang (bahasa Jepang:, nama resmi: Nipponkoku/Nihonkoku  adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur., Nippon/Nihon yang berarti matahari  terbit sehingga Negara ini di kenal dengan julukan negeri mata hari terbit atau negeri sakura “  serta penduduknya terkenal suka bekerja keras dan mempunyai kedisiplinan yang tinggi.

B.     Keadaan alam
1.      Letak astronomi :
300 LU dan 1280 BT – 149 BB
2.      Batas wilayah :
Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

C.     Keadaan penduduk
Penduduknegeri jepang berjumlah + 127.333.000 jiwa, di liat dari jumlah penduduknya jepang merupakan Negara terbesar ke tujuh di dunia setelah cina, india, rusia, amerika serika, Indonesia, dan brazil,
D.    Perekonomian
E.     Sejak periode Meiji (1868-1912), Jepang mulai menganut ekonomi pasar bebas dan mengadopsi kapitalisme model Inggris dan Amerika Serikat. Sistem pendidikan Barat diterapkan di Jepang, dan ribuan orang Jepang dikirim ke Amerika Serikat dan Eropa untuk belajar. Lebih dari 3.000 orang Eropa dan Amerika didatan Kebudayaan
Negara jepang memiliki tingkat kebudayaan yang tinggi dan banyak dikagumi oleh orng- prang luar jepang, berikut beberapakebudayaan jepang.
1.      Noh
seni drama kuno yang permananya memakaitopeng dan bergerak dalam melangkah – melangkah tarian yang khidmat dan hati – hati sedangkan ceritanya di bacakan dengan penuh kekhusukan.
2.      Kabuki                       
seni drama boneka yang berperan dengan perasaan dan kekaguman yang begitu kuat.
3.      Chanoyu         
 upacara perjamuan minum teh dan tata cara tamu menghargai keramahan tuan rumah, penekanan kesenian ini adalah keindahan peralatan yang du gunakan, kemuliaan tuan rumah, keharuman ter yang di sajikan, serta kesopanan orang yang hadir dalam perjamuan tersebut.
4.      Ikebana 
seni penataan bunga yang banyak di sukai lelaki maupun perempuan

5.      Origami
 seni melipat kertas
6.      Hasilkebudayaan lain seperti bekebun dan seni bela diri (karate, judo, juijitsu, sumo)

F.      Pemerintahan
Jepang menganut sistem negara monarki konstitusional yang sangat membatasi kekuasaan Kaisar Jepang. Sebagai kepala negara seremonial, kedudukan Kaisar Jepang diatur dalam konstitusi sebagai "simbol negara dan pemersatu rakyat". Kekuasaan pemerintah berada di tangan Perdana Menteri Jepang dan anggota terpilih Parlemen Jepang, sementara kedaulatan sepenuhnya berada di tangan rakyat Jepang. Kaisar Jepang bertindak sebagai kepala negara dalam urusan diplomatik.
2.      Negara Berkembang
Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global. Istilah ini mulai menyingkirkan Dunia Ketiga, sebuah istilah yang digunakan pada masa Perang Dingin.
1.      Arab Saudi
A.    Keadaan umum
Arab Saudi atau Saudi Arabia atau Kerajaan Arab Saudi adalah negara Arab yang terletak di Jazirah Arab. Beriklim gurun dan wilayahnya sebagian besar terdiri atas gurun pasir dengan gurun pasir yang terbesar adalah Rub Al Khali. Orang Arab menyebut kata gurun pasir dengan kata sahara, dan Laut Merah.
B.     Keadaan alam
1.      Letak dan batas wilayah.
a)      Letak astronomi    :
Arab Saudi terletak di antara 15°LU - 32°LU dan antara 34°BT - 57°BT. Luas kawasannya adalah 2.240.000 km². Arab Saudi merangkumi empat perlima kawasan di Semenanjung Arab dan merupakan negara terbesar di Asia Timur Tengah. Permukaan terendah di sini ialah di Teluk Persia pada 0 m dan Jabal Sauda' pada 3.133 m. Arab Saudi terkenal sebagai sebuah negara yang datar dan mempunyai banyak kawasan gurun. Gurun
b)      Batas wilayah        :
Negara Arab Saudi ini berbatasan langsung (searah jarum jam dari arah utara) dengan Yordania, Irak, Kuwait, Teluk Persia, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman,
C.     Keadaan penduduk
Penduduk Arab Saudi adalah mayoritas berasal dari kalangan bangsa Arab sekalipun juga terdapat keturunan dari bangsa-bangsa lain serta mayoritas beragama Islam. Di daerah daerah industri dijumpai penduduk dari negara-negara lain sebagai kontraktor dan pekerja asing atau ekspatriat
D.    Perekonomian
Wilayah ini dahulu merupakan wilayah perdagangan terutama di kawasan Hijaz antara Yaman-Mekkah-Madinah-Damaskus dan Palestina. Pertanian dikenal saat itu dengan perkebunan kurma dan gandum serta peternakan yang menghasilkan daging serta susu dan olahannya. Pada saat sekarang digalakkan sistem pertanian terpadu untuk meningkatkan hasil-hasil pertanian.
E.     Pemerintahan
Arab Saudi menggunakan sistem Kerajaan atau Monarki. Hukum yang digunakan adalah hukum Syariat Islam dengan berdasar pada pengamalan ajaran Islam berdasarkan pemahaman kaum Wahhabi terhadap Al Qur'an dan Hadits. Memiliki hubungan internasional dengan negara negara lain baik negara negara Arab, negara-negara anggota Organisasi Konfrensi Islam, maupun negara negara lain.

2.      Indonesia
A.    keadaan umum
Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki 17.504 pulau besar dan kecil, sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni, yang menyebar disekitar khatulistiwa, yang memberikan cuaca tropis.

B.     Keadaan alam
a)      Letak astronomi : 
Posisi Indonesia terletak pada koordinat 6°8LU - 11°08'LS dan dari 95°'BB - 141°45'BT serta terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia/Oseania.
a)      Batas wilayah :
Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km² dan luas perairannya 3.257.483 km². Pulau terpadat penduduknya adalah pulau Jawa, dimana setengah populasi Indonesia bermukim. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar, yaitu: Jawa dengan luas 132.107 km², Sumatera dengan luas 473.606 km², Kalimantan dengan luas 539.460 km², Sulawesi dengan luas 189.216 km², dan Papua dengan luas 421.981 km². Batas wilayah Indonesia diukur dari kepulauan dengan menggunakan territorial laut: 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif: 200 mil laut,
C.    Keadaan penduduk
Indonesia adalah Bangsa Austronesia, dan terdapat juga kelompok-kelompok suku Melanesia, Polinesia, dan Mikronesia terutama di Indonesia bagian Timur. Banyak penduduk Indonesia yang menyatakan dirinya sebagai bagian dari kelompok suku yang lebih spesifik, yang dibagi menurut bahasa dan asal daerah, misalnya Jawa, Sunda, Madura, Batak, dan Minangkabau.

Selain itu juga ada penduduk pendatang yang jumlahnya minoritas diantaranya adalah etnis Tionghoa, India, dan Arab. Mereka sudah lama datang ke Nusantara melalui perdagangan sejak abad ke 8 M dan menetap menjadi bagian dari Nusantara. Di Indonesia terdapat sekitar 4 juta populasi etnis Tionghoa.[52] Angka ini berbeda-beda karena hanya pada tahun 1930 dan 2000 pemerintah melakukan sensus dengan menggolong-golongkan masyarakat Indonesia ke dalam suku bangsa dan keturunannya.
Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh sekitar 85,2% penduduk Indonesia, yang menjadikan Indonesia negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia.[40] Sisanya beragama Protestan (8,9%), Katolik (3%), Hindu (1,8%), Buddha (0,8%), dan lain-lain (0,3%). Selain agama-agama tersebut, pemerintah Indonesia juga secara resmi mengakui Konghucu.[53]
Kebanyakan penduduk Indonesia bertutur dalam bahasa daerah sebagai bahasa ibu, namun bahasa resmi negara, yaitu bahasa Indonesia, diajarkan di seluruh sekolah-sekolah di negara ini dan dikuasai oleh hampir seluruh penduduk Indonesia
D.    Perekonomian
Sistem ekonomi Indonesia awalnya didukung dengan diluncurkannya Oeang Repoeblik Indonesia (ORI) yang menjadi mata uang pertama Republik Indonesia, yang selanjutnya berganti menjadi Rupiah. Idonesia berpenghasilan rata-rata berkisar antara U$820 yang didukung beberapa sector  seperti :
1.      Pertanian
2.      Perkebunan
3.      Perternakan
4.      Pertambngan
5.      Pariwisata
6.      Perdagangan, Perdagangan ini mencakup dua sektot yaitu :
a.       Ekspor
b.      Impor
E.     Kebudayaan
Indonesia memiliki sekitar 300 kelompok etnis, tiap etnis memiliki warisan budaya yang berkembang selama berabad-abad, dipengaruhi oleh kebudayaan India, Arab, Cina, Eropa, dan termasuk kebudayaan sendiri yaitu Melayu. Contohnya tarian Jawa dan Bali tradisional memiliki aspek budaya dan mitologi Hindu, seperti wayang kulit yang menampilkan kisah-kisah tentang kejadian mitologis Hindu Ramayana dan Baratayuda. Banyak juga seni tari yang berisikan nilai-nilai Islam. Beberapa di antaranya dapat ditemukan di daerah Sumatera seperti tari Ratéb Meuseukat dan tari Seudati dari Aceh.
F.     Pemerintahan
Indonesia menjalankan pemerintahan republik presidensial multipartai yang demokratis. Seperti juga di negara-negara demokrasi lainnya, sistem politik di Indonesia didasarkan pada Trias Politika yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif. Kekuasaan legislatif dipegang oleh sebuah lembaga bernama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
MPR pernah menjadi lembaga tertinggi negara unikameral, namun setelah amandemen ke-4 MPR bukanlah lembaga tertinggi lagi, dan komposisi keanggotaannya juga berubah. MPR setelah amandemen UUD 1945, yaitu sejak 2004 menjelma menjadi lembaga bikameral yang terdiri dari 560 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang merupakan wakil rakyat melalui Partai Politik, ditambah dengan 132 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang merupakan wakil provinsi dari jalur independen





BAB III
PENUTUP
A.        kesimpulan
Pembelajaran ini merupakan unsure dari didiplin ilmu social yang mempelajri tentang Negara Negara maju  dan berkembang sehingga kita mendapat pemahan yang jelas tentang materi ips terpadu

0 komentar: